Serial Bintang Penunjuk Arah 3: Serigala Kutub Utara
bintang penunjuk arah

Bintang dapat menjadi penunjuk arah dan penanda musim. Ilustrasi: Ode/Majalah Bobo

Orang sering membutuhkan penunjuk arah utara, selatan, barat, atau timur saat bepergian.  Orang juga membutuhkan penunjuk musim, apakah musim hujan sudah datang atau musim semi segera tiba. Orang Polynesia di Hawaii, orang Bedouin di Arab, orang Eskimo di Kutub Utara, orang Dayak di Indonesia dan orang Maori punya bintang-bintang istimewa sebagai penunjuk arah dan penunjuk musim.

Padang salju di kutub utara terhampar sepanjang tahun. Di padang salju tidak ada pohon. Semua serba putih. Matahari tidak terbit selama musim dingin, sehingga langit selalu gelap. Sebaliknya, matahari tidak terbenam selama musim panas. Artinya, kutub utara selalu terang (seperti siang) selama musim panas. Hiii... tempat yang aneh, ya? Siapa yang mau tinggal di padang salju kutub utara?

Orang Eskimo tinggal di padang salju. Di siang hari orang Eskimo mencari petunjuk arah berupa tumpukan batu. Tumpukan batu itu bernama Inuksuk. Ssst, inuksuk ini dibuat oleh nenek moyang orang Eskimo, lo. Inuksuk jadi petunjuk daerah bahaya.

rasi bintang serigala

Rasi bintang serigala mempunyai satu bintang sangat terang. Itulah bintang Sirius. Ilustrasi : Ode/Majalah Bobo

Wah, bulan adalah pemberi cahaya bagi orang Eskimo selama musim dingin. Saat bepergian, orang Eskimo dituntun bintang Sirius. Bintang Sirius adalah bintang paling terang di rasi bintang Serigala (Canis Mayor).

Nah, dengan bintang Sirius dan Inuksuk, orang Eskimo bisa bepergian dengan aman.

(Johanna Ernawati)

Narasumber: Dr. Taufiq Hidayat. Dept. Astronomi. Fakultas Matematika & IPA. Institut Teknologi Bandung.

comments powered by Disqus