Tanda-tanda Gunung Meletus

Kidnesia.com - Sebelum gunung meletus, ada tanda-tanda yang bisa diamati. Apa sajakah tanda-tanda itu?

gunung

Ayo, kenali tanda-tanda seblum gunung meletus. Foto: wordpress

Wah, terjadinya gunung meletus pasti bukan kejadian yang ditunggu-tunggu, ya! Kalo bisa jangan terjadi, deh!

Nah, sebelum gunung meletus, biasanya alam akan memberi tanda-tanda. Seperti yang terjadi saat Gunung Krakatau meletus di tahun 1883. Ada banyak tanda yang bisa dirasakan oleh warga setempat. Tanda yang sudah sangat umum adalah gempa lokal . Kalau muncuk gempa di daerah gunung berapi, warga pun segera waspada.

Tanda yang kedua adalah banyak binatang yang turun dari gunung. Binatang tertentu dapat mendeteksi suatu getaran halus yang berhubungan dengan perubahan alam yang besar. Hihihi, ternyata mereka punya firasat juga, yah!

Tanda ketiga, meningkatnya suhu di sekitar daerah gunung berapi. Seperti yang terjadi pada Gunung Krakatau, suhu di di sekitar Jawa Barat menjadi lebih panas. Cairan magma yang terdapat di perut bumi sangat panas apalagi tekanan di daerah kawah gunung pun berubah jadi tinggi. Semakin dekat cairan itu menunju kawah gunung, suhu di sekitarnya pun akan berubah jadi lebih panas.

Nah, kalau buat kamu yang tinggal di daerah gunung berapi, waspada ya, jika merasakan tanda-tanda alam yang sudah Nesi jelaskan tadi.

Teks: Annisa, Foto: Kidnesia/berbagaisumber

________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Gunung-gunung Tertinggi di Dunia

- Kenapa Ada Gunung dan Pulau?

- Pesona Gunung Bromo

comments powered by Disqus