Antibiotik Itu Apa, Sih?

antibiotik

selain timbul kekebalan, salah memakai antibiotik bisa juga menyebabkan alergi.

Kalau kamu sakit dan kamu periksa ke dokter, saat kamu diberi obat, pasti salah satu obat itu ada yang berjenis antibiotik. 

Dokter juga selalu berpesan, jika kita meminum obat antibiotik, harus dihabiskan. Hm, apa sih sebenarnya obat antibiotik ini? Mengapa tubuh kita memerlukan obat ini, ya? 

Nah, Rabu kemarin (30/11) Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan mengadakan seminar kesehatan dengan tema "Pengobatan Terkini Kasus Infeksi" dalam rangka merayakan ulang tahun rumah sakit tersebut yang ke-25.

Kebetulan Nesi diundang ikut seminar itu. Wah, ternyata banyak ilmu yang Nesi dapatkan dari acara itu, lho! Salah satu ilmu y ang Nesi dapatkan dan ceritakan ke kamu adalah tentang obat antibiotik. 

Biasanya, kalau kita terkena infeksi dokter menyarankan agar tubuh kita diberi obat antibiotik. Nah, apa itu obat antibiotik?

Antibiotik adalah salah satu jenis obat yang memiliki efek menekan atau menghentikan proses terjadinya infeksi oleh bakteri. 

Sebelum menjelaskan soal obat antibiotik lebih jauh lagi, Nesi ingin kamu semua tahu tentang penyakit infeksi dulu, ya.

Infeksi
Infeksi itu biasanya disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur, yang menyerang jaringan-jaringan tubuh manusia. Misalnya, infeksi radang tenggorokan.

Duh, kalau kita terkena infeksi pada di bagian jaringan tubuh ini, rasanya sakiiiitt sekali saat menelan makanan. Iya, kan? 

Nah, penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus memang harus ditangani dengan benar dan tepat. Kalau tidak, infeksi bisa menyebabkan kematian, lho!

Asal kamu tahu saja, penyakit infeksi masih berada di urutan teratas penyebab kesakitan dan kematian di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Obat Antibiotik
Salah satu obat yang bisa mencegah infeksi itu menyebar ke seluruh jaringan tubuh kita adalah antibiotik. Meski begitu, obat ini enggak boleh sembarangan diminum, lho!

Dokter spesialis anak, konsultan tropikal dan infeksi, dr Hinky H.I Satari. Sp.A(K) bilang, "Obat ini punya efek yang berbahaya kalau digunakan secara berlebihan." 

Menurut beliau, obat antibiotik yang digunakan secara berlebihan bisa menyebabkan resistensi (kekebalan/ketahanan) antibiotik di dalam tubuh kita.

Kalau sudah kebal terhadap obat antibiotik, di saat kita infeksi nanti obat ini sudah tidak lagi menghentikan infeksi di tubuh. Hiii.. ngeri yah?

Tips Membeli Obat Antibiotik
Selain itu, Dr. Tonny Loho DMM, SP.PK(K), spesialis patologi klinik mengatakan, "Jangan membeli antibiotik sendiri tanpa ada resep dari dokter karena banyak sekali jenis antibotik dan dosisnya pun beragam."

Dan tidak semua penyakit infeksi memerlukan antibiotik oleh karena itu pemberian antibiotik dapat dibenarkan jika penyakit yang diderita disebabkan oleh infeksi bakteri.

Jadi saat kamu diberi antibiotik oleh dokter, kamu perlu bertanya, apakah ada infeksi bakteri di dalam tubuh kamu atau tidak.

Tapi kalau menurut Nesi yang terpenting kamu harus menjaga kesehatan ya rajin berolahraga dan jaga pola makan kamu karena sehat itu mahal harganya loh!hehehe. (Pipit/kidnesia.com)

    Nurul Naura Nadhira
    2-12-2011 12:01
  • Betul tuh, Nes. Mencegah itu lbh baik dari pd mengobati. Lagipula mencegah penyakit itu lebih murah harganya dari pd mengobati penyakit. Very Happy

Comment n Share on your facebook