Arti Dibalik Misteri Lukisan Monalisa
Mona Lisa

Kidnesia.com - Mona Lisa atau La Gioconda (La Joconde) adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci  pada abad ke-16. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia.

Saat ini, lukisan yang usianya lebih dari 500 tahun itu digantung di salah satu sudut dinding Museum Louvre, Paris Perancis. Hmm.. sampai sekarang, lukisan Mona Lisa masih saja menjadi misteri  yang membingungkan.

Padahal, lukisan itu hanya menggambarkan seorang wanita cantik yang sedang duduk sambil tersenyum. Apa sih yang menjadi arti dibalik misteri lukisan Monalisa ? Banyak kalangan yang mengatakan, senyum wanita cantik dalam lukisan itulah yang menjadi misteri. Sebab, jarang sekali manusia yang punya senyuman “semisteri” senyuman Monalisa.  

Orang bilang, bentuk senyuman itu tampak berbeda apabila dilihat dari sudut yang berlainan. Ah, masa iya, sih? Kalau kamu jalan-jalan ke Kota Paris, mampir ke Museum Louvre ya, lalu lihat lukisan Mona Lisa itu.

Benar tidak, senyuman itu bisa terlihat berbeda dari beberapa sudut yang berbeda? Soalnya, senyum Mona Lisa itu sampai dijadikan sebagai obyek penelitian para ahli piskologi, dan pengkaji seni yang berusaha menafsirkan makna dibalik senyuman Monalisa .

Sudut-sudut terkecil dalam lukisan berkenaan diteliti demi upaya untuk membongkar rahasia yang menyelubungi lukisan wanita tersebut. Dengan kecanggihan teknologi olah digital, sosok didalam lukisan direka ulang untuk mengetahui perasaan sang model ketika ia melepaskan senyuman seunik itu. Nah, coba saja kamu perhatikan lagi lukisan itu. Kamu jadi penasaran nggak sih?

Teks: Ervina, Ilustrasi: humanresource

_____________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Lukisan Tertua di Asia Ada di Indonesia

- Dengan Lukisan, Pergi ke Jepang

comments powered by Disqus