Badak Jawa Ditangkarkan
badak bercula satu

Badak bercula satu yang akan ditangkarkan.

Kidnesia.com - Hayo tebak, apa maskot Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten?Yap, kamu benar sekali! Maskot Pemkab Pandeglang, Provinsi Banten  adalah badak bercula satu atau rhinoceros sondaicus .

Badak bercula satu yang langka ini habitatnya di Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK).

Badak bercula satu ini termasuk ke dalam binatang yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia. Pada tahun 2011 lalu, Pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan Yayasan Badak Indonesia dan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat dunia untuk mengembangkan penangkaran Badak Jawa (rhinoceros sondaicus ) di Blok Gunung Honje seluas 3.000 hektare.

Penangkaran ini diharapkan bisa menghasilkan keturunan badak bercula satu di tahun 2015 mendatang. Menurut Kepala Bagian Humas Taman Nasional Ujung Kulon, Bapak Enjat Sudrajat, di tempat penangkaran itu, para lembaga swadaya masyarakat dunia, seperti Executive Director International Rhino Foundation Susie Eliis, Kimsei Vier (Tulsa Zoo), dan Ruchweet (Miami) akan membantu usaha penangkaran  dan pengembangbiakan badak jawa  yang saat ini hanya berjumlah 60 ekor.

Asal kamu tahu saja, sekarang ini populasi badak yang ada di dunia sebanyak 5 spesies saja, yaitu badak hitam (diceros bicornis ), badak putih (ceratotherium simum ), badak India (rhinoceros unicornis ), badak Sumatera (dicerorhinus sumatrensis ), dan badak Jawa  (rhinoceros sondaicus ).

Jadi, kalau penangkaran di Taman Nasional Ujung Kulon  itu berhasil, populasi badak bercula satu yang langka ini akan bertambah. Hmm.. doakan saja, ya!

Teks: Ervina, Foto: wikimedia.org

comments powered by Disqus