Bekantan, Si Monyet Belanda
Bekantan

Bekantan, monyet Belanda si hidung panjang.

Kidnesia.com - Bekantan  yang nama ilmiahnya nasalis larvatus adalah sejenis kera berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan. Kera dengan ciri-ciri itu adalah bekantan jantan yang hidup di hutan-hutan bakau di pedalaman Kalimantan.

Kamu ingat enggak, bekantan juga menjadi logo salah satu taman hiburan terkenal di Jakarta, lo! Hayoo coba kamu tebak, logonya apa, ya?

Kamu tahu tidak, kenapa bekantan terkenal dengan sebutan monyet belanda? Ternyata karena hidung yang panjang inilah bekantan disebut monyet belanda

Ukuran bekantan jantan yang lebih besar dari yang betina bisa mencapai 75cm dengan berat mencapai 24 kg. Wuah, gede banget ya! Sementara kera betina berukuran 60 cm dengan berat 12 kg.

Bekantan

Si jantan memang lebih besar dari sang betina. Coba lihat, perutku.. buncit kaann?

Bekantan  jantan dan betina mempunya perut yang besar dan buncit karena mereka suka sekali memakan buah-buahan, biji-bijian, dan daun-daunan yang mengandung gas.

Habitat bekantan tersebar di hutan-hutan bakau, rawa-rawa, dan hutan di Pulau Kalimantan. Mereka suka sekali menghabiskan waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 ekor.

Eh, kamu tahu tidak? Bekantan jago berenang lho! Selain bertengger di atas pohon Bekantan juga bisa berenang dari satu pulau ke pulau lainnya! Hebat, kan tuh!

Teks: Ervina, Foto: wikipedia

_________________________________________________________________________

Baca Artikel Ini Juga, Yuk!

- Pulau Kaget, Tempatnya Hewan Langka

- Monyet Laba Laba

comments powered by Disqus