Celengan Antik
Celengan Antik

Celengan sapi yang usianya sudah 60 tahun! Wow!

Kalau kamu belum bisa menyimpan uang di bank, simpan saja uang sisa jajanmu di celengan!

Yap, celengan  biasanya memang digunakan untuk menyimpan uang-uang logam,  termasuk uang sisa jajan kita.

Eh, kamu punya celengan di rumah, nggak? Gambarnya apa? Bentuknya apa?

Sekarang ini, celengan kaleng yang bergambar puteri, super hero  atau tokoh karakter kartun lainnya bisa kita beli di toko-toko seperti mini market.

Tapi, celengan yang terbuat dari tanah liat,  sudah jarang sekali ditemukan di kota besar, seperti Jakarta.

Kamu tahu tidak, di mana sih beli celengan tanah liat, keramik, atau gerabah yang biasanya berbentuk aneka ragam binatang, seperti ayam, kucing, kura-kura, gajah, babi, kuda, dan lainnya

Celengan Antik

Celengan babi hutan dari zaman Majapahit. Wah, kuno banget nih, ya! Tapi kondisinya masih bagus, lho!

Kenapa Celengan?
Eh, kamu tahu tidak, kenapa disebut celengan? Hihihi.. ternyata nih, dulu bentuk tempat menyimpan uang ini adalah babi atau celeng.

Nah, makanya disebut celengan,  yang dalam bahasa Inggris disebut “piggy bank”.   Hihihihihi… 

Beberapa hari lalu, Bentara Budaya Jakarta menggelar pameran celengan antik bertema “Simpan Satu Rupiah” koleksi Museum Anak Kolong Tangga, Yogyakarta.

Wow! Banyak sekali celengan tanah liat dengan berbagai bentuk yang berasal dari berbagai zaman! Kereen! 

Salah satu celengan antik yang dipamerkan terdapat ada celengan berbentuk babi yang berasal dari zaman Kerajaan Majapahit, lho!

200 buah celengan antik  dengan berbagai bentuk, seperti babi hutan, buah manggis, blewah, penyu, harimau, kuda, dan sapi, bisa dilihat pada pameran itu.

Pernah lihat celengan sapi setinggi 60 cm atau kira-kira tingginya setengah dari badanmu? Hihihi.. kaget juga, Nesi ketika melihat celengan itu!

Hihihi.. Nggak disangka, usia celengan sapi antik  itu sudah 60 tahun!  Wuaah.. warna putih di badan si sapi sampai sudah pudar, lho! Tapi keren, teman-teman!

Yah, kalau kamu tak sempat melihat pameran celengan antik itu, saat liburan sekolah nanti kamu bisa kunjungi Museum Anak Kolong Tangga di Yogyakarta. Ok? (Ervina/Kidnesia/foto-foto: Riomanadona)

Museum Anak Kolong Tangga
Taman Budaya, Jl.Sriwedani 1, Yogyakarta 55122. Telepon 0274-523512

Buka:
Setiap hari, pagi - sore (kecuali hari Senin)

Tiket Masuk:
Rp2.500 (dewasa)
Anak-anak gratis masuk!

    Dinda Putri Aginta
    1-04-2011 11:34
  • Wah....!kira kira berapa ya harga celengan antik itu Question ,bisa nyampe 99 Milyar gak ya?? Embarassed Question Rolling Eyes klo ada yang pernah kesana kasih tau ya harga celengannya!! Laughing Laughing Laughing Laughing Embarassed
    Tasya Adita S
    29-03-2011 06:30
  • Aku pny celengan juga lho.bentuknya hello kitty.Aku nabungnya ditargetin.shari hrus Rp.2000,- dari uang jajanku.aku kan orangnya gak terlalu suka ngemil2.jadi,biar paginya udah nbung dua rb,pulang skolah uang jajan ku msh tersisa dan aku tbung.kan kalau nbung itu kita belajar b'hemat.kalau kita punya keinginan penting,tinggal buka deh celengan kita.aku saranin buat pilih clengan yg sulit d buka.kalau hanya nyelengin d toples dsb yg mudah dibuka kta jadi terus tergoda dan merasa pengen d pake trus.kalo nbungnya d tempat yg sulit d buka,atau harus kta pecahkan buat diambil,kta pasti merasa sayang,dan jadi ingat btpa sulitnya kta mngurangi jajan untuk mnabung.
    Ini aku sampaikan berdasarkan pengalaman aku sendiri lho.
    latifa
    29-03-2011 02:05
  • kapan kpn ke sana ahh
    nabila
    29-03-2011 06:17
  • Wow keren.. Syang ny clengan q dri platik
    sovi
    28-03-2011 10:27
  • Seru dan kerennnn Smile

Comment n Share on your facebook