Ke Pasar Apung Lembang Yuk…

  

apung

Bingung mengisi liburan? Ada lho  tempat wisata baru yang menarik di kota Bandung.Tepatnya di daerah Lembang, kita bisa menemukan tempat wisata baru yang dikenal dengan nama floating market  Lembang, atau pasar apung Situ Umar.   

Selama ini kita tahu pasar apung bisa ditemukan di  daerah Sentul, Jawa Barat, di Kalimantan Selatan, di Muara Kuin (Banjarmasin) dan di Sungai Tabuk, Banjar.

   Pasar apung biasanya berada di tepi sungai, di mana para penjual sayuran dan buah-buahan berdagang di atas perahu. Para pembeli kadang bisa membelinya di pinggir sungai, tetapi bisa juga dengan naik perahu kecil mendekati para pedagang.

apung5

Bermain bersama kelinci

   Pasar apung Lembang berada di danau yang dikenal sebagai Situ Umar. Tempat wisata dengan lahan lebih

apung4

dari 7 hektar ini menyediakan berbagai macam fasilitas seperti permainan air, sepeda air dan perahu dayung.  

Di tempat wisata ini juga ada tempat khusus untuk memberi makan kelinci dan angsa.Dengan membayar Rp15 ribu, kita sudah dapat memberi makan kelinci, dan angsa yang menggemaskan. Di sana juga ada kebun stroberi, kebun sayur, kebun bunga, dan persawahan di kampung Leuit dengan nuansa khas pedesaan.

   Sebagai pelengkap juga disediakan resto dan gazebo yang tersebar sebagai tempat pelepas lelah, lapar dan haus. Yang menarik, di sana kita

apung3

bisa menyewa perahu yang dapat dikayuh sendiri seharga Rp35.000 hingga Rp 75.000 untuk berkeliling danau. Jika hanya ingin menuju tempat penjualan makanan apung, cukup membayar ojek perahu Rp. 1.000 per orangnya. 

Wisata kuliner

   Setelah lelah mengelilingi danau dengan perahu kayuh atau sepeda air, kita bisa melepas haus dan lapar di pasar makanan apung. Bila di Kalimantan yang ditawarkan di sampan pedagang adalah sayur, buah, dan hasil bumi, maka pedagang di pasar apung Lembang menawarkan  makanan dan minuman. Mereka berjualan di atas perahu yang terapung dan mengelilingi tempat makan apung di tengah danau. 

  

apung6

  Jangan khawatir dengan jenis makanan dan minuman para pedagang apung ini. Kita bisa menemukan berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari makanan tradisional seperti ketupat tahu, combro, pisang goreng, hingga kentang goreng krispi dan hotdog.  

    Yang menarik dan unik, di sini kita harus membeli makanan dengan menggunakan koin dengan pecahan 5.000 hingga 100. 000 rupiah. Jangan khawatir ada banyak tempat penukaran koin di food court  apung.    

Hanya akhir pekan

   Floating market atau pasar apung Lembang terbuka untuk umum setiap hari Senin-Kamis, pukul 09.00-17.00. Sayangnya pada hari-hari ini

apung7

tidak ada pasar jajanan apungnya. Yang ada hanya restoran, permainan perahu,dan taman kelinci. 

   Bila ingin lebih puas bermain dipasar apung Lembang, disarankan berkunjung pada akhir pekan,mulai pukul 08.00-21.00 WIB. Harga tiket masuknya pun cukup murah Rp10 ribu, dan dapat langsung ditukar dengan welcome drink  di pintu masuk.

Teks dan Foto:Retnowati/Kompas Anak

   

Comment n Share on your facebook