Mereka adalah Polisi Masa Depan

S iaaap… jalan! Prok Prok Prok! Barisannya rapi. Gerakan-gerakannya kompak dan lincah. Begitulah saat regu polisi cilik beraksi, menunjukkan keterampilannya baris-berbaris dan membentuk formasi.

polisi cilik dermayu

Polisi Cilik Dermayu dari Polres Indramayu saat tampil pada acara Puncak Konferensi Anak Indonesia 2012.

Dimana-mana, penampilan polisi cilik selalu memukau penonton. Penampilannya keren dengan seragamnya yang gagah.

Kerapian barisan dan gerakan-gerakannya yang kompak, menunjukkan para polisi cilik ini pasti sangat tekun dan disiplin dalam latihan. Sebab, tanpa ketekunan dan dispilin dalam berlatih, semua pasti akan terlihat berantakan.  

Oya, apakah di daerahmu juga ada polisi cilik? Polisi cilik merupakan kegiatan ekstrakurikuler, kerjasama Kepolisian Resort (Polres) dengan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di daerah.

Di Polres, kegiatan polisi cilik ini dibina oleh para polisi dari Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa).

Kegiatan polisi cilik ini, selain untuk tujuan pendidikan ilmu kepolisian sejak dini, juga untuk  menanamkan kebiasan disiplin dan percaya diri. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana keakraban antar sekolah (SD) di wilayah tersebut.

polisi cilik

Kompak, lincah, dan rapi.

Polisi cilik biasanya diambil dari anggota Polisi Keamanan Sekolah (PKS). Kalau di sekolah belum ada kegiatan PKS, biasanya Polres akan membuka pendaftaran lewat sekolah.

Untuk menjadi polisi cilik, salah satu syaratnya harus berbadan sehat, percaya diri, dan bersedia mengikuti latihan.

Selain mendapat teori ilmu kepolisian, para polisi cilik juga dilatih baris-berbaris, membentuk formasi, dan pengaturan lalu-lintas.

Dalam satu angkatan, jumlah polisi cilik dalam satu Polres bisa mencapai 250-an. Mereka berasal dari kelas 4, 5, dan 6.

Saat latihan, mereka akan dibagi menjadi beberapa regu. Materi yang diajarkan pada setiap regu tidak sama, disesuaikan dengan jenjang kelas dan tingkatan.

polisi cilik

Menjadi polisi cilik berarti belajar disiplin, percaya diri, dan belajar menjadi pemimpin.dan

Kita berharap, teman-teman kita polisi cilik ini kelak bisa menjadi Polri masa depan. Polisi yang mampu melaksanakan Tribrata Polri . Yaitu,

1. Berbakti kepada nusa dan bangsa dengan penuh ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa,

2. Menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum negara kesatuan Rpublik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,

3. Senantiasa melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan keikhalasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

Polisi cilik! Siaaap! Laksanakan!

Editor: Sigit Wahyu, Foto: Ricky Martin

comments powered by Disqus