Yoyo, Tak Hanya Dilempar!

Yoyo

Ayo, Nesi. Kamu bisa kok, main yoyo. Gampang, kan? Iya, gini caranya.. Foto: dok.kidnesia.com

Main yoyo itu susah-susah gampang. Anehnya, banyak juga orang yang suka main yoyo, ya yang tua, yang muda, yang besar, yang kecil, hampir semuanya suka main yoyo. Duh, kok Nesi nggak bisa-bisa ya, main yoyo ini?!Uuuggghhh... keseelll...

Nesi juga ingin bisa main yoyo! Soalnya, waktu hari Minggu (02/05/2010) kemarin, Nesi melihat penampilan Kharis , siswa kelas V SD Madani, Tebet, Jakarta , yang usianya baru 10 tahun, jago banget main yoyo di panggung acara yang diselenggarakan oleh teman-teman komunitas "World Book Day" di Pasar Festival Kuningan, Jakarta Selatan.

Waduh, Kharis jago banget main yoyonya! Nesi jadi ingin belajar sama Kharis, deh! Gimanaaa yaa caranya??

Cara Main Yoyo
Lemparkan ke bawah tali yoyo yang tergulung di silindernya, lalu tarik kembali sampai tali menggulung lagi, dan yoyo kembali ke tangan si pelempar. Gampang, kan? Tapi Nesi gagal terus!!

Buat para pecinta yoyo yang tergabung di dalam Komunitas Yoyo Indonesia atau yang sering disebut Yo-In , bermain yoyo bukan sekedar melemparkan dan menangkap kembali yoyo, karena variasi permainan yoyo itu banyak dan triknya pun juga beragam.

Yoyo

Begini caranya main yoyo. Ini salah satu trik yang kita pelajari. Foto: dok.kidnesia.com

Contohnya Kharis. Saat ditanya kenapa suka main yoyo, dia bilang, "Aku suka banget karena enggak pernah sama trik permainannya, jadi enggak bosan. Pokoknya dan gampang banget maininnya kalau kita udah tahu dan menguasai trik-triknya."

Asal kamu tahu saja, awalnya Kharis tergabung di dalam Komunitas Yoyo Indonesia karena diajak teman. Dan untuk menguasai trik dan permainannya, ia hanya belajar lewat internet dan berkumpul dengan teman-temannya di Komunitas Yoyo Indonesia.

Wah, mantap, deh! Sementara Nesi, boro-boro satu trik, melempar yoyo dan menariknya kembali saja, Nesi masih kesulitan dengan benangnya yang tergulung kusut melulu! Uuugghh..keseell

Komunitas Yoyo Indonesia
Di Indonesia ternyata banyak pecinta permainan yoyo. Mereka tergabung dalam sebuah perkumpulan atau komunitas bernama Komunitas Yoyo Indonesia atau disingkat Yo-In.

Menurut Arya , salah satu anggota Yo-In, tempat inilah yang menjadi media para pecinta yoyo untuk berkomunikasi, baik secara langsung maupun melalui forum di dunia maya (mailing list ).

Di dalamnya para pecinta yoyo saling berbagi, memberikan info-info terbaru, belajar trik-trik baru, bahkan ada yang suka titip beli yoyo di luar negeri.

Yoyo

Komunitas Yoyo Indonesia. Apakah kamu sudah tergabung di dalamnya? Foto: dok.kidnesia.com

Nah, kalau kamu adalah salah satu pecinta permainan yoyo dan belum bergabung ke dalam Yo-In, buruan, deh gabung! Atau kamu ingin bisa bermain yoyo, gabung saja langsung ke mailing listnya. Masuknya gratisan kok. "Enggak ada persyaratan apa pun, gratis, dan gampang banget, hanya tinggal klik ke yoyoindonesia@yahoogroups.com ," kata Arya menambahkan.

Sssttt.. ada bocoran nih dari Arya. Kabarnya, mereka akan bikin workshop bermain yoyo, lho! Tunggu saja, ya! (Ervina/Kidnesia)

    Zidan dzaki mtl
    15-12-2010 09:12
  • Main yoyo itu gampang gampang susah
    riski
    2-11-2010 06:26
  • saya sudah mencoba terus menerus tetapi tidak bisa Exclamation
    agung
    27-10-2010 04:15
  • apakah benar mbah marijan meninggal karna letusan gunung merapi

Comment n Share on your facebook