Cerdas dengan Merakit Robot!

Berkreasi dengan robot memberikan berbagai manfaat, lho! Semakin cepat belajar robot, semakin cepat kecerdasan bertambah, hehehe.

Coba saja, berikan mereka 1 box Lego dan hasilnya mereka bisa membuat berbagai macam robot yang luar biasa kreatif. Robot berbentuk truk, jerapah, crane, eskavator, pesawat, helicopter, mobil masa depan, robot jagoan dan masih banyak lagi.

Ternyata bermain robto itu bisa memberikan banyak manfaat dan enggak hanya sekedar bermain. Yuk, kita lihat, manfaat apa saja yng bisa didapat dari merakit robto!

Robot

Semakin pintar dengan bermain robot. Foto: Digikidz

1. Merangkai robot dapat meningkatkan kemampuan motorik halus, koordinasi mata dan tangan . Misalnya, anak-anak mengambil part yang mereka butuhkan, memasang part ke tempat tertentu, dan mengunci antar part menggunakan obeng Lego.

2. Mengembangkan logika berpikir. A nak-anak diajak melatih logika mereka apakah mereka sudah menggunakan part yang sesuai, apakah ukuran part yang dipasang sudah sesuai, apakah ukuran tempat duduk pilot pada robot pesawat dapat diperbesar atau diperkecil, dan lainny. Hal ini bisa membuat anak menjadi lebih kritis dalam berpikir.

3. Social skill. A nak-anak berlatih untuk saling bekerja sama, berbagi, mengerjakan segala hal secara bergantian, dan memupuk rasa saling menghargai sesama teman.

4. Melatih kecerdasan ruang. Anak-anak akan membuat bentuk tiga dimensi misalnya robot alat transportasi, dengan lebih dulu melihat gambar dua dimensi yang disediakan atau membayangkan bendanya di dunia nyata. Hal ini melatih kecerdasan spatial dan dapat mengembangkan imajinasi mereka.

5. Kreatifitas. Dari projek yang sama, setiap anak dapat menghasilkan bentuk robot yang berbeda, tantangan yang bervariasi dan anak-anak bisa memodifikasi robot yang mereka buat dengan imaji kreasi sendiri.

Wah, ternyata manfaat yang didapat cukup banyak ya. Eh, ada lagi, nih, robotic juga membuat anak-anak semakin pandai mempelari matematika.

Anak-anak juga akan belajar sains sederhana,  konsep konstruksi yang kuat dan seimbang, mesin sederhana seperti bidang miring dan pengungkit.
Kemampuan berkomunikasi anak-anak pun ikut berkembang. Melalui penyampaian cerita projek robot [Storytelling] mereka akan belajar kosakata lebih banyak, mereka juga belajar bercerita sederhana mengenai projek yang mereka buat sehingga anak-anak makin percaya diri.

Mau belajar robot? Ayo, datang ke booth Kidnesia, 4-8 Juli 2012. Di sana ada kakak-kakak dari Digikidz yang kan membantu kamu mempelajari robot sederhana.

O, ya, selama Bobo Fair itu juga ada lomba merangkai robot di Panggung Kidnesia. Ada sejumlah hadiah menarik untuk peserta lomba! Datang, yah! (Annisa/Kidnesia)

Comment n Share on your facebook