Mengolah Matahari Jadi Listrik
Solar House

Solar House yang atapnya dapat menampung sinar matahari yang bisa dimanfaatkan utk berbagai keperluan. Foto: dok.Bobo

Sinar matahari mengandung banyak unsur. Salah satu unsurnya adalah photon . Photon inilah yang membantu menghasilkan energi listrik. Photon yang jatuh bersama unsur-unsur matahari lainnya ditampung oleh alat yang disebut panel surya. Jika sinar cukup kuat, photon dapat diserap sel surya dengan baik.

Photon diserap ke dalam lapisan sel surya hingga menabrak elektron yang berada dalam panel surya. Ketika ditabrak, elektron pun lepas dari tempatnya. Elektron yang lepas itu bergerak menjadi arus listrik.

Photon jatuh

Photon jatuh dan diserap sel surya. Photon menabrak elektron hingga lepas. Ilustrasi: dok.Bobo

Arus listrik yang terjadi dengan cara seperti ini disebut arus langsung. Arus langsung yang dihasilkan sel surya tidak dapat langsung digunakan untuk peralatan rumah tangga. Arus langsung ini harus diubah menjadi arus bolak-balik.

Photon jatuh

Parking meter yang dapat menyerap sinar matahari. Foto: dok.Bobo

Ada alat khusus untuk mengubah arus ini, disebut inverter (pembalik). Pembalik arus mengirimkan listrik ke jaringan listrik di rumah. Dari sana, listrik dapat disalurkan ke alat-alat rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, pompa air, dan lainnya.

Mengenal Panel Surya
Panel surya adalah lempeng penampung sinar matahari. Ini adalah bagian terpenting dari pembangkit listrik tenaga surya. Panel ini terdiri dari bagian-bagian kecil yang disebut sel surya.

Sel-sel surya ini besarnya seukuran telapak tangan orang dewasa. Biasanya berbentuk segi delapan. Warnanya hitam kebiruan.

Sel Surya

Sel-sel surya. Ilustrasi: dok. Bobo

Fungsi sel surya menyerupai baterai, yakni untuk menghasilkan listrik. Bedanya, baterai menghasilkan energi melalui proses kimia. Sedangkan sel surya menghasilkan energi dengan mengolah sinar matahari yang diserap.

Tiap sel menghasilkan sedikit arus listrik. Karena sekian banyak sel digabung menjadi satu panel, maka listrik yang dihasilkannya menjadi besar. Sel-sel surya ini dibuat dari silikon, yakni bahan kimia yang mudah ditemukan di tanah.

Pembangkit Listrik Masa depan

Pembangkit Listrik Masa Depan. Foto: dok. Bobo

Pembangkit Listrik Masa Depan
Panel surya mampu beroperasi dengan baik di hampir seluruh belahan Bumi yang tersinari matahari.

Panel surya dapat digunakan tanpa mengakibatkan polusi, baik polusi udara maupun suara. Dapat juga digunakan dalam segala cuaca.

Panel surya juga telah lama dipakai untuk memberi tenaga bagi semua satelit yang mengorbit Bumi nyaris selama 30 tahun.

Rasanya, panel surya memang akan dapat menjadi pembangkit listrik masa depan. (Joko/Bobo).

comments powered by Disqus