Pakai Anti Virus Lokal, Yuk!

Virus komputer

Awas, data kamu bisa hilang gara-gara si virus. Foto: wordpress

Hii...nyebelin deh! Bukan cuma teknologi aja yang semakin berkembang, virus juga! Belakangan virus lokal semakin gencar menyerang komputer. Masalahnya, virus ini hanya bisa diatasi dengan anti virus lokal pula.

Nah, bagaimana sih mendapatkan anti virus lokal? Sebenarnya antivirus ini bisa diunduh gratis di internet sama seperti anti virus buatan negara lain. Beberapa pengamat teknologi pun turut menyebutkan antivirus yang memang ampuh membasmi virus lokal.

Atthur Shadewa misalnya, pembuat Wedash Antivirus (WAV) dan juga pendiri komunitas Virologi di Yogyakarta yang terbentuk sejak 2006 mengatakan antivirus lokal lebih ampuh dari antivirus luar.

Aat pembuat WAV

Inilah kakak Aat, si pembuat WAV. Hebat! Foto: kompas.com

"Antivirus lokal lebih cepat mendata virus-virus lokal yang baru sekaligus membuat update program, ketimbang antivirus luar," kata Aat. Ia juga menyatakan bahwa WAV yang dirilis sejak akhir 2005 lalu ini, sudah digunakan 5.000-an pengguna komputer.

Nah, selain antivirus WAV, ada juga beberapa antivirus (AV) lokal yang sudah dikenal dan ampuh membasmi virus. Mereka adalah Smadav, PCmav, riesha AV.

Yang juga menarik, Aat, yang berasal dari Bontang Kalimantan Timur tak berhenti dalam urusan membuat program antivirus saja. Ia juga membuat buku.

Beberapa buku ditulisnya yakni Seni Hacking Menggunakan Trojan, 4 Hari Menjadi Hacker, Rahasia Membuat Antivirus Menggunakan Visual Basic, Tips dan Trik Libas Virus Lokal, serta Dan Monalisa pun Tertawa.

WAV antivirus

Kamu bisa download anti virus ini di internet, lo! Foto: blogspot

Uniknya lagi, bahasa yang digunakan dalam bukunya, cukup gaul dan lebih mudah dimengerti. Satu buku, sekali cetak sebanyak 2.000 eksemplar. Bukunya cukup laris karena berkali-kali dicetak ulang.

Semakin menarik karena Aat mencetak semuanya sendirian alias tak bekerja sama dengan pihak penerbit. Buku-buku itu bisa kamu dapatkan di sejumlah toko buku.

Nah, kamu bisa ajak ayah, ibu, kakak untuk membahas buku ini. Siapa tahu, kamu bisa menemukan solusi menghadapi si virus nakal.

Enggak ada salahnya kamu menggunakan antivirus lokal yang Nesi ceritaka. Siapa tahu virus yang super bandel itu benar-benar lenyap. Jadi enggak terganggu lagi, deh! (Annisa/Kidnesia/kompas.com)

    Tongtong Tongtong
    12-03-2010 06:18
  • Setiap hari di serang virus... Padahal udah punya 3 anti virus....HUAAA... Crying or Very sad Crying or Very sad Crying or Very sad
    Guntur Arianto Wibowo
    31-01-2010 06:52
  • Very Happy
    Muhammad Haidar
    16-01-2010 08:21
  • keren! CINTAILAH PRODUK INDONESIA! Nesi, minta linknya donx
    NAUFAL ALFARISI
    15-01-2010 01:54
  • alfan alfan suka nya goda terrus Wink Wink
    NAUFAL ALFARISI
    15-01-2010 01:50
  • sulap kale.. Laughing Laughing Laughing

Comment n Share on your facebook