Selasa, 27 September 2011
Bandara Internasional Baru di Lombok
  • Bandara Internasional Baru di Lombok
    Bandara Internasional Baru di Lombok

Bulan Oktober 2011 nanti, Bandara Internasional Lombok (BIL) akan diresmikan dan bisa digunakan untuk penerbangan internasional. Wow!

Jalur penerbangan internasional yang selama ini menggunakan Bandara Selaparang, Mataram akan dipindahkan ke Bandara Internasional di Tanak Awu, Lombok Tengah.

Letak BIL tidak terlalu jauh, sekitar 40 kilometer dari Selaparang dan membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Bandara Selaparang menuju bandara yang baru di Lombok .

Bandara Internasional Lombok

Bandara Internasional Lombok baru akan dresmikan Oktober 2011. Foto: Banar Fil Ardhi

Selama ini, Bandara Selaparang menjadi satu-satunya bandara di Lombok yang menampung penerbangan lokal maupun internasional.

Karena itu, bandara tersebut menjadi semakin penuh dan terlalu ramai.

Dengan adanya bandara yang baru, pesawat yang masuk ke Lombok bisa lebih teratur. Kepadatan penumpang di bandara yang lama pun bisa dialihkan ke BIL.

Selain masalah penumpang yang menumpuk, landasan pacu di Bandara Selaparang terlalu pendek untuk pesawat penerbangan Internasional atau pesawat jenis Airbus dan Boeing 747 sehingga perlu adanya landasan yang lebih panjang.

Landasan pacu BIL dibuat lebih panjang sehingga jenis pesawat besar bisa leluasa untuk mendarat.

Asal kamu tahu saja, BIL akan dibuat lebih moderen daripada Bandara Selaparang. Dindingnya sebagian besar terbuat dari kaca.

Hmm, kalau kamu pernah melihat Bandara Sultan Hasanuddin di Makasar, Sulawesi Selatan, nah, kurang lebih seperti itulah tampilan BIL yang baru nanti.

Seperti bandara pada umumnya, sarana transportasi menuju BIL juga telah disediakan. Ada bus angkutan penumpang yang berhenti di Terminal Mandalika Mataram, dan Resor Wisata Senggigi dan di tempat strategis lainnya.

Kemudian, tiga perusahaan taksi telah siap mengambil rute dari-dan ke BIL. Oh, iya, Koperasi Taksi milik Bandara Selaparang yang selama ini sudah digunakan para pengguna jasa transportasi udara juga siap beroperasi di BIL.

Wah, selamat untuk Provinsi Lombok  atas Bandara Internasional yang baru! (Annisa/Kidnesia/berbagaisumber)

    Aisha Salsabilla
    1-10-2011 05:36
  • ajak aku ke lombok dongg Cool
    Afiffa Halila Nurchayati
    30-09-2011 04:04
  • iya.......... pasti keren Very Happy

Comment n Share on your facebook