Selasa, 19 Juli 2011
Bersantai di Pantai Bandengan
  • Bersantai di Pantai Bandengan
    Bersantai di Pantai Bandengan

Pasirnya lembut dan bersih, ombaknya tenang, dan tak terlalu bising. Itulah Pantai Bandengan. Pantai ini terletak sekitar 7 kilometer di sebelah utara kota Jepara, Jawa Barat .

Pantai bandengan

Pantai Bandengan bersih dan pasirnya lembut.

Kamu bisa ke pantai ini naik kendaraan pribadi atau naik angkutan umum dari terminal Jepara ke arah Bandengan.

Pantai Bandengan dikenal juga dengan nama Pantai Tirta Samudera. Ada juga yang menyebutnya Kartini Klein Scheveningen. Nama yang terakhir ini diberikan oleh R.A. Kartini .

Ceritanya, dulu, Ibu Kartini pernah diberitahu bahwa Pantai Bandengan ini mirip Pantai Klein Scheveningen di Belanda. Saat itu juga ia bilang, "Ya, sudah, kita sebut saja pantai ini Klein Scheveningen."

Pantai Bandengan terpisah menjadi dua bagian. Ia dipisahkan oleh dermaga yang menjorok ke laut.

Di sebelah kiri dermaga, pantainya kurang asyik. Sebagian besar bibir pantai dipenuhi tumpukan koral yang telah mati. Beberapa sudutnya juga tampak kotor.

Sebaliknya, pantai di sisi kanan dermaga, cukup bersih. Pasirnya putih dan lembut, enak banget untuk bermain bola, jogging, sekedar jalan-jalan atau duduk-duduk santai.

Mau mancing ikan? Pas banget, lho. Hanya dengan seutas tali dan umpan, kita sudah bisa memancing ikan. Tempat paling asyik memancing di dermaga.

Kalau kamu beruntung, kamu bisa dapat ikan pari, lho!

Berkunjung ke pantai ini, kamu juga bisa menyewa perahu wisata di hari Minggu. Dengan membayar Rp10.000,00 kamu bisa menyebrang ke Pulau Panjang naik perahu ini.

Pulau Panjang bisa ditempuh sekitar 15 menit dari Pantai Bandengan. Kalau kamu hanya berperahu di sekitar pantai, ongkosnya sebesar Rp5.000,00.

Perahu wisata beroperasi saat cuaca baik dan ombak tidak ganas.

Jangan takut kesulitan cari makanan di sini. Sebab, di sekitar pantai, banyak kios penjual makanan, juga suvenir. Kalau makan di sini, cobalah pindang srani, menu khas Jepara.

Selain itu di sini juga ada kerang rebus, rajungan, dan ikan bakar. (Joko/Potneg/Annisa/Kidnesia/Foto: Ricky Martin)

Logo Potneg

Comment n Share on your facebook