Senin, 08 November 2010
Candi Borobudur
  • Candi Borobudur
Candi Borobudur

Stupa-stupa di Candi Borobudur. Yuk, coba hitung ada berapa banyak stupa di sini? Hhihi...

Menurut cerita, Candi Borobudur dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno . Candi ini memiliki 1.460 relief dan 504 stupa Budha.

Berdasarkan arsitektur dan kemegahannya, tempat berziarah umat Budha yang sekaligus menjadi obyek wisata ini menjadi candi Budha terbesar pada abad ke-9.

Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja Mataram Kuno , keturunan Dinasti Syailendra.

Berdasarkan prasasti Kayumwungan, Borobudur adalah tempat beribadah umat Budha yang selesai dibangun tanggal 26 Mei 824. Lama pembangunannya sendiri diperkirakan hampir seratus tahun.

Menurut beberapa orang, nama Borobudur  berarti sebuah 'gunung yang berteras-teras' (budhara). Ada pula yang mengatakan bahwa Borobudur berarti 'biara yang terletak di tempat tinggi'.

Bangunan Borobudur sendiri bentuknya memang punden berundak, atau bersusun tingkat, dan terdiri dari 10 tingkat.

Candi Borobudur

Relief cerita di Candi Borobudur. Eh, kamu tahu tidak, ada cerita lucu dan menarik, lho di relief candi ini.

Sebelum direnovasi, tingginya 42 meter. Setelah direnovasi, tingginya mencapai 35 meter karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan dan penampungan air (drainase )

Enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran.

Tingkat tertinggi berbentuk stupa Budha. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia.

Pada setiap tingkatan, terdapat relief-relief yang di antaranya adalah cerita tentang reinkarnasi Sidhartha Gautama (Budha).

Selain itu, ada pula relief yang menggambarkan kondisi masyarakat pada masa itu, seperti relief tentang kegiatan para petani, relief kapal layar, dll.

Ingin tahu cerita relief di Candi Borobudur? Berkunjung dong, ke Candi Borobudur. Keren, lho! (Ervina/Kidnesia/Foto: Ricky Martin)

comments powered by Disqus