Rabu, 13 Agustus 2014
Ketan Jadi Aneka Makanan
  • Ketan Jadi Aneka Makanan
    Ketan Jadi Aneka Makanan

Kidnesia.com - Beras ketan  berbeda dengan beras biasa. Beras ketan bila dimasak akan menjadi lengket seperti lem. Ada dua jenis ketan, ketan hitam dan putih. Umumnya, beras ketan diolah menjadi berbagai panganan  atau jajanan. Inilah di antaranya!

Lemper

Lemper

Lemper biasanya dibungkus daun pisang dan berisi suwiran daging ayam.

Lemper adalah panganan yang sangat terkenal, terbuat dari ketan putih dan dibalut daun pisang. Isi lemper terdiri dari suwiran daging ayam yang mirip seperti abon.

Biasanya, lemper disajikan sebagai snack untuk acara-acara tertentu. Kamu juga bisa menemukan jajanan tradisional ini di toko kue, supermarket maupun di pasar tradisional.

Oh, iya di Jepang juga ada makanan yang serupa dengan lemper hanya saja namanya adalah onigiri.

Wajik

Kue manis dan kenyal ini banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia, seperti Sumatera Barat dan Jawa Tengah. Wajik terbuat dari ketan dicampur gula merah dan pasir juga daun pandan untuk pewangi.

Biasanya, wajik disajikan ketika ada hajatan.

Ketan Srikaya

Ketan srikaya

Ketan srikaya bukan dibuat dari buah srikaya, lho melainkan dari ketan.

Kue tradisional dari Sumatera ini unik. Meskipun namanya ketan srikaya, kue ini sama sekali tidak terbuat dari buah srikaya. Kue ini terbuat dari ketan, gula merah, telur dan santan.

Kue ini mirip kue lapis, karena memiliki dua lapisan.

Lapisan bawah adalah ketan yang sudah dimasak kemudian dituang pada cetakan, sedangkan lapisan kedua merupakan campuran dari telur, santan, dan gula merah yang dimasak dengan cara dikukus. Di Kalimantan , kue ini biasa disebut kue Sarawak.

Tak ketinggalan, ketan hitam pun bisa diolah jadi makanan yang enak. Misalnya, tape ketan, dodol ketan hitam, madu mongso (makanan khas  Jawa Timur ), bubur ketan hitam, dan lapek Bugis (kue khas Sumatera ).

Teks:Tina/Annisa, Foto:indonesianrecipes

_________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Makanan Daerah: Jenang, Wajik, Jadah

- Ketan Pakai Keju, Ciyuss?!

comments powered by Disqus