Selasa, 21 Desember 2010
Pulau Berhala
  • Pulau Berhala
    Pulau Berhala

Pasir putih terhampar luas di Pantai Pulau Berhala. Batuan vulkanik dengan mudah dapat kamu lihat di tempat wisata yang terletak dekat Taman Nasional Berbak, Provinsi Jambi .

Pulau ini dikelilingi oleh hutan hijau yang masih alami dan bebatuan yang menambah cantik pemandangan alam sekitar.

Luas Pulau Berhala hanya sekitar 10 km persegi. Saat air pantai surut, kamu bisa mengelilingi pulau yang bentuknya mirip penyu hanya dalam waktu sehari saja!

Pulau Berhala

Saat air surut, Pantai Pulau Berhala bisa dikelilingi dalam waktu sehari saja! Foto: plotadventure

Ada dua pulau kecil di kedua ujungnya. Satu diberi nama “Sokong Nenek” di arah Tenggara, dan satu lagi “Sokong Siembah” di Barat.

Pulau Sokong Nenek bisa ditempuh berjalan kaki melintasi pasir putih saat pantai surut. Sementara “Sokong Siembah” hanya bisa dicapai dengan menumpang boat.

Pulau Berhala punya cerita mistis, lho. Menurut orang-orang yang tinggal di sana, ucapan kita tidak boleh sembarangan dan asal sebut! Bisa-bisa, nih, kena batunya sendiri.

Dulu, Pulau Berhala memang terkenal sebagai tempat yang dianggap berhala atau disembah oleh orang-orang tertentu. Makanya, pulau tersebut dinamakan Pulau Berhala.

Aah, walaupun Pulau Berhala menyimpan misteri, tempat ini punya keistimewaan. Rasanya enggak masuk akal, deh, kalau ada mata air tawar di daerah pantai. Tapi air tawar itu ada di Pulau Berhala dan tak pernah kering!!! Ajaib, bukan?

Air tawar dimanfaatkan dan disalurkan ke pos Dishubla dan pos penjaga pantai TNI AL di bibir pantai. Lalu disalurkan juga ke satu tempat penampungan air tawar yang dimanfaatkan turis dan nelayan tepat di depan pos jaga.

Selain pesona panorama hutan dan karang berbatu di tepiannya, Pulau Berhala juga dikelilingi sabuk terumbu karang. Kamu bisa lihat berbagai jenis ikan hias.

Ikan-ikan karang seperti kakatua, kwe, kerapu, tenggiri juga lengkap ada di sana. Pantai karang dan laut biru kehijauan di sekitar berhala memang kaya biota laut.

Tak cuma ikan, kerang, siput, cumi, bahkan kepiting air asin dengan mudah bisa ditemukan di sekitar perairan Berhala. Memang, enggak salah lagi kalau Pulau Berhala ini pantas dijadikan tempat wisata bahari.

Angin sepoi-sepoi dan udara sejuk tak henti-hentinya bertiup. Rasanya tak ingin beranjak dari pulau cantik ini. Hayo, siapa yang tertarik pergi ke Pulau Berhala? (Annisa/Kidnesia/berbagaisumber)

comments powered by Disqus