Kamis, 16 Juli 2015
Rumah Betang yang Panjang
  • Rumah Betang yang Panjang
Dayak Sintang (45)

Beginilah suasana di salah satu rumah

Kidnesia.com - Rumah panjang ini biasa disebut rumah betang oleh orang Dayak. Dalam rumah panjang ini terdapat ratusan orang, lo! Salah satu rumah

panjang yang masih dihuni ini ada di Desa Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Sintang, Kalimantan Barat. Jaraknya 60 km dari pusat kota Sintang. Penghuni rumah betang ini adalah suku Dayak Desa. Suku ini, termasuk salah salah satu suku kecil dari Dayak Iban.

Rumah betang ini panjangnya lebih dari 100 meter, lo! Dalam satu rumah itu, terdapat 28 pintu. Jika pintu itu dibuka, maka akan terdapat ruangan besar seperti rumah biasa. Satu rumah itu ada yang bisa menampung 2 keluarga. Ada kamar, ruang duduk, dan dapur. Di kolong rumah panggung itu, para penghuni memelihara ayam, sapi, babi, dan anjing.

Semua yang tinggal di betang ini bersaudara. Penghuninya sudah tinggal secara turun temurun, sejak zaman nenek moyang. Rumah betang ini bentuknya rumah panggung. Tingginya sekitar 1,5 meter dari tanah. Rumah ini dibangun dari kayu ulin dan beratap sirap. Sayang sekali, rumah betang Dayak sudah jarang ditemui. Rumah betang ini saja adalah satu-satunya di kota Sintang.

Teks: Yanti, Foto: Ricky Martin

comments powered by Disqus