Selasa, 20 Januari 2015
Seluk-Beluk Taman Kota Kebayoran Baru
  • Seluk-Beluk Taman Kota Kebayoran Baru

Kidnesia.com - Pernah mendengar kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan? Kemarin, Nesi jalan-jalan ke kawasan ini. Di wilayah Kebayoran Baru, ternyata banyak terdapat taman kota yang hijau dan asri, lo!

Taman Kota

Taman Ayodya di Kebayoran Baru

Taman Kota
Adalah tempat yang sangat penting bagi sebuah kota. Taman kota berfungsi sebagai paru-paru dan jantung kota yang membuat siklus oksigen dan karbondioksida dapat berganti dengan sempurna melalui tumbuh-tumbuhan di sekitarnya. 

Selain itu, taman kota juga bisa difungsikan sebagai ruang terbuka untuk masyarakat. Biasanya, masyarakat memanfaatkannya sebagai tempat untuk melakukan kegiatan rekreasi, bermain, olahraga, dan lainnya sambil menghirup udara segar.

Taman Kota

Taman Pakubuwono di Kebayoran Baru. Foto: photobucket.com

Nah, saat Nesi jalan-jalan, Nesi melewati beberapa taman kota di kawasan Kebayoran Baru. Hmm... coba ya, Nesi ingat-ingat nama taman-taman itu. Ada Taman Barito, Taman Langsat, Taman Puring, Taman Ayodya, Taman Pakubuwono, dan Taman Martha Tiahahu yang terletak di dekat terminal Blok M.

Lalu, ada pula taman yang terletak di dekat Masjid Agung Al-Azhar, duh, Nesi lupa namanya. Ah, pokoknya banyak sekali taman kota yang kemarin sempat Nesi lihat!

Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan merupakan kawasan Jakarta yang memiliki tamna kota paling banyak dibandingkan dengan kawasan Jakarta lainnya. Pada tahun 1948, seorang arsitek asal Indonesia, Bapak Moh. Soesilo  merancang sebuah kota taman pertama di Indonesia di kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Kawasan ini merupakan adaptasi kota taman bergaya Eropa (khususnya Belanda) dalam iklim tropis. Oleh sebab itu, Kebayoran Baru sering juga disebut sebagai kota taman tropis .

Taman Kota

Taman Langsat di Kebayoran Baru. Foto: netfirms.com

Mengapa Kebayoran Baru?
Kawasan ini punya lebih dari 30 persen lahan dan ruang terbuka hijau dari total luas kota Jakarta atau sekitar 720 hektar. Mulai dari kawasan Blok A sampai dengan Blok S, taman kota memberikan pemandangan hijau segar.

Nesi penasaran nih, berapa banyak sebenarnya taman yang ada di kawasan Kebayoran Baru ini. Karena kawasan taman kota Kebayoran Baru ini sudah berusia lebih dari 50 tahun lo!

Taman Kota

Taman Martha Tiahahu di kawasan Blok M, Kebayoran Baru. Foto: Flickr.com

Nah, berdasarkan data dari Dinas Pertamanan DKI Jakarta, jumlah taman di kawasan Kebayoran Baru ini mencapai 108 taman . Itu hanya untuk 1 kecamatan saja lo, belum ditambah kecamatan-kecamatan lainnya. Wuiiihh.. banyak banget kan! Kalau ditotal, jumlah taman kota yang ada di kawasan Jakarta Selatan mencapai 299 taman.

Dan saat ini sedang diusahakan kawasan Kebayoran Baru untuk dikategorikan sebagai kawasan cagar budaya yang harus dilindungi, dilestarikan, dan dikembangkan. Oleh sebab itu, kawasan ini mampu berfungsi sebagai laboratorium hidup dan tempat penelitian dan pengelolaan kota taman. (Kidnesia/berbagai sumber)

Nah, itu dia taman kota yang ada di Kebayoran Baru. Kalau di tempat tinggal sahabat Nesi, seperti apa taman kotanya?

Teks: dok. Kidnesia.com/Ervina, Foto: flicker.com, netfilms.com, photobucket.com, wartakota.com

_________________________________________________________________________________________________________________

Baca artikel seru ini juga yuk!

Taman Pustaka Bunga di Kota Kembang

Wi-Fi Seru di Taman Bungkul

Taman Marqueyssac nan Hijau

comments powered by Disqus