Selasa, 06 Oktober 2015
Kesenian Ondel-Ondel
  • Kesenian Ondel-Ondel
Ondel-ondel

Ondel-ondel Untuk Mengusir Roh Jahat

Kidnesia.com Ternyata ondel-ondel  itu awalnya digunakan untuk mengusir roh jahat , lo! Ya, secara tradisi, boneka ini memang awalnya digunakan warga setempat untuk tolak bala dan mengusir roh jahat.

Namun, sekarang ini fungsi ondel-ondel sudah banyak berubah. Sekarang lebih banyak digunakan untuk meramaikan pawai atau menyambut tamu kehormatan. Ondel-ondel tercipta di kalangan masyrakat Betawi. Nama ondel-ondel sendiri merujuk kepada penampilan dan bonekanya itu sendiri.

Dengan tinggi sekitar 2,5 dan diameter 80 cm, konstruksi ondel-ondel terbuat dari batang bambu. Desainnya dibentuk sedemikian rupa sehingga orang bisa masuk ke dalamnya dan mengangkat boneka ini dari dalam. Posisi kaki si pengangkat tetap kelihatan sehingga seolah itu menjadi kaki si ondel-ondel.

Boneka ini sepasang, pria dan wanita. Muka ondel-ondel terbuat dari kayu. Ondel-ondel  pria biasanya mukanya dicat dengan warna merah dan si wanita dengan warna putih. Rambut si ondel-ondel biasanya terbuat dari janur (daun kelapa) yang sudah dikeringkan dan dibentuk sedemikian rupa. Ondel-ondel didandani dengan kain berwarna cerah.

Ondel-ondel juga dikenal di daerah lain dengan nama yang berbeda. Di daerah tanah Sunda, dikenal dengan nama badawang , di daerah Jawa Tengah dikenal dengan nama barongan buncis . Sementara, di Bali lebih terkenal dengan nama barong landung . Penampilan ondel-ondel biasanya diiringi dengan alat musik tradisional.

Ondel-ondel  yang awalnya untuk  mengusir roh jahat dan menolak bala ini hingga sekarang masih banyak dijumpai, meskipun fungsinya sudah berbeda. Ondel-ondel adalah kesenian tradisional Indonesia yang masih bisa hidup hingga saat ini.

Teks: Wahyu; Foto: kompas.com

comments powered by Disqus