Senin, 03 Agustus 2015
Kebun Binatang Ragunan
  • Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan

Ilustrasi: wikipedia.org

Kidnesia.com - Kebun Binatang Ragunan dirancang sebagai kebun binatang terbuka. Objek wisata ini terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Kebun binatang seluas 140 hektar ini dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta tahun 1966 dengan nama Taman Margasatwa Ragunan. Kemudian, nama itu diubah lagi namanya dan menjadi Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan ini merupakan kebun binatang pertama di Indonesia dan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.

Kebun binatang ini memiliki sebuah pusat konservasi primata terbesar di dunia, yaitu Pusat Primata Schmutzer. Nama Schmutzer diambil dari nama mendiang Ibu Pauline Antoinette Schmutzer-versteegh (1924-1998), seorang pelukis dan pecinta binatang berdarah Belanda, kelahiran Wonorejo, Jawa Tengah yang berhati mulia dan mencintai Indonesia.

Beliau berkenan menyumbangkan seluruh harta warisannya untuk pendirian pusat primata terbaru ini. Sebelumnya, beliau juga telah beberapa kali menyumbangkan hartanya untuk pembangunan berbagai kandang di Kebun Binatang Ragunan , seperti kandang singa, harimau, beruang, dan lainnya.

Kini, berkat kebaikan hatinya, Jakarta memiliki sebuah pusat primata terbesar di dunia seluas 13 hektar. Sebelumnya, pusat primata terbesar di dunia berada di Leipzig, Jerman dengan luas 4,5 hektar.

Oh ya, harga tiketnya murah mulai dari Rp 3.000,00 - Rp 4.000,00 saja, lo! Yuk, ajak keluargamu untuk datang ke Kebun Binatang Ragunan! (Kidnesia/berbagai sumber)

comments powered by Disqus