Rabu, 18 Februari 2015
Api Abadi Mrapen
  • Api Abadi Mrapen
Api Mrapen

Coba lihat, apinya selalu menyala, lho sepanjang waktu.

Kidnesia.com Api abadi Mrapen merupakan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah yang tersulut api. Api ini tidak pernah padam walaupun turun hujan, sepanjang gas alamnya masih keluar. Karena itu dijuluki dengan nama Api Abadi Mrapen . Komplek Api Abadi Mrapen  terletak di desa Manggarmas, kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan,  Jawa Tengah . Kawasan ini terletak di tepi jalan raya Purwodadi - Semarang, berjarak 26 km dari Kota Purwodadi.

Api yang dikenal dengan sebutan Api Abadi Mrapen ini digunakan untuk memeriahkan beberapa kegiatan pesta olahraga sebagai api obornya. Misalnya, pesta olahraga internasional Ganefo I pada 1 November 1963, Pekan Olahraga Nasional (PON), dll.Selain untuk pesta olahraga, Api Abadi Mrapen juga digunakan untuk obor upacara hari raya Waisak di Candi Borobudur.

Selain api abadi, di komplek tersebut juga terdapat kolam dengan air mendidih yang konon dapat dipergunakan untuk mengobati penyakit kulit, serta batu bobot yang konon apabila seseorang dapat mengangkatnya maka yang mengangkat tersebut akan mendapatkan keinginannya.

Teks: Erbina/Kidnesia/berbagai sumber; Foto: Ricky Martin

comments powered by Disqus