Rabu, 22 Juli 2015
Burung Hantu Celepuk Reban
  • Burung Hantu Celepuk Reban

Kidnesia.com - Celepuk reban adalah sejenis burung hantu kecil dari suku Strigidae dengan nama ilmiah Otus lempiji (Horsfield, 1821).

Burung hantu jenis celepuk reban ini memiliki tubuh kecil dengan panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 20-21 cm. Untuk panjang sayap sekitar 15 cm dan berat sekitar 100 gram.

Warnanya burik. Sisi atas tubuh (dorsal) coklat kehitaman atau keabu-abuan berbintik-bintik hitam, kuning dan putih, sisi bawah (ventral) kuning tua kecoklatan bercoret-coret hitam. Jumbai telinga menonjol, keputihan; dengan tengkuk dan kerah kuning abu-abu pucat. Iris mata berwarna coklat gelap atau kekuningan, paruh kuning, dan kaki kuning kotor.

Celepuk Reban

Celepuk Reban. Foto:wikipedia.org

Celepuk umumnya dapat dijumpai di wilayah berpohon, sampai dengan ketinggian 1.600 m dpl. Di tepi hutan, perkebunan, pekarangan, hingga taman-taman di kota besar biasanya hewan ini sering bertengger rendah.

Sewaktu-waktu hewan ini senang terjun menyambar mangsanya di permukaan tanah atau vegetasi yang lebih rendah. Sering pula berburu bersama dengan anak-anaknya.

Celepuk reban memangsa aneka serangga malam, seperti ngengat dan belalang; kodok; dan juga burung kecil. (Ervina/dari berbagai sumber).

comments powered by Disqus