Jumat, 23 Juli 2010
Burung Langka di Ketapang
  • Burung Langka di Ketapang

Ssst, ada burung langka yang baru ditemukan di Ketapang, Kalimantan Barat. Burung itu dikenal dengan nama gajahan timu atau dengan nama Latin Numenius madagascariensis atau Far Eastern curlew.r . Agak rumit, yah nama latinnya!

burung gajahan

Burung gajahan timur ini, baru pertama kali ditemukan di Ketapang, lho. Foto: kompas

Burung gajahan itu ditemukan oleh Komunitas Burung Ketapang. Secara tidak sengaja, burung itu terlihat sedang mencari makan di tepi pantai Dusun Segak, Desa Sei Jawi, Kecamatan Matan Hilir, arah selatan Ketapang.

Burung gajah ini baru pertama kali ditemukan di Ketapang, lho. Pengamat burung dari Belanda, Dr Bas van Balen, menjelaskan, belum ada catatan tentang penemuan burung gajahan timur di Kalimantan Barat.

Penemuan itu, kata van Balen, menghapus teori tentang burung berkik di Kalimantan Barat. Ia menambahkan, burung gajah itu harus diteliti lagi. Mungkin saja, masih ada burung gajah lainnya yang belum kelihatan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang Yudo Sudarto mengatakan, hasil penemuan komunitas itu sangat mengejutkan para pengamat burung nasional dan internasional. Ia juga berharap, burung gajah bisa dilestarikan dan menjadi daya tarik bagi pariwisata, khususnya di Ketapang. (Annisa/Kidnesia/antara)

Siapa yang mau lihat burung gajahan? Datang saja ke Ketapang, yah!

comments powered by Disqus