Selasa, 14 Juli 2015
Tari Monong dari Kalimantan Barat
  • Tari Monong dari Kalimantan Barat
Tari Monong

Tari Monong. Foto: wordpress.com

Kidnesia.com - Tarian Monong adalah salah satu tarian tradisional Suku Dayak di Kalimantan Barat. Tarian ini merupakan tarian penolak penyakit agar penderita mendapatkan kesembuhan. Dalam tarian ini, si penari berlaku seperti dukun lengkap dengan jampi-jampinya.

Mulanya, tarian penyembuhan ini dilakukan oleh para dukun Suku Dayak dengan membacakan mantra sambil menari. Biasanya, para keluarga dari yang sakit turut serta hadir dalam proses pembacaan mantra.

Seiring dengan berjalannya waktu, tarian ini pun tak hanya digunakan sebagai tarian penyembuhan saja, tetapi sebagai sarana hiburan. Hal ini bertujuan untuk semakin melestarikan kesenian tradisional Suku Dayak. 

Dalam pertunjukkannya, penari memakai busana khas suku Dayak di Kalimantan barat. Penari juga dilengkapi dengan berbagai alat yang di gunakan untuk ritual. Selain itu, berbagai alat musik tradisional suku Dayak juga mengiringi acara ini agar suasana pertunjukan lebih hidup.

Biasanya, tarian monong akan sering ditemukan dalam beberapa acara adat, seperti Bemanang/Balian, penyambutan tamu, dan festival budaya.

Siapa yang penasaran ingin melihat tarian monong?

Teks: Desy (Dari berbagai sumber)

comments powered by Disqus