Jumat, 20 Agustus 2010
Setapak Perjalanan Ke Danau Sentarum
  • Setapak Perjalanan Ke Danau Sentarum
    Setapak Perjalanan Ke Danau Sentarum

Danau Sentarum, pernah dengar nama itu? Danau seluas 132 ribu hektar ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.  

Perjalanan panjang harus ditempuh untuk mencapai Danau Sentarum yang menjadi lumbung air raksasa dan memasok separo air yang mengaliri Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia.

Danau Sentarum dapat dicapai melalui dua rute. Dari Pontianak ke Putussibau dengan pesawat terbang, lalu masuk lewat Jongkong; atau Pontianak ke Sintang dengan bus malam, lalu masuk lewat Suhaid.

Danau Sentarum

Alat transportasi yang digunakan di Danau Sentarum, salah satunya, Speedboat. Foto: Ricky Martin

Perjalanan dengan bus melalui Sintang membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Biaya untuk satu orang adalah seratus ribu. Biasanya, bus akan tiba di Sintang saat pagi hari.

Di sana, kamu bisa membeli perbekalan untuk perjalanan selanjutnya. Yang paling banyak dijual di pasar itu adalah ikan segar. Jadi, kamu pun tak perlu khawatir kehabisan lauk.

Sekarang, tiba saatnya perjalanan menuju Suhaid yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Apabila musim hujan, beberapa jalan bisa terputus akibat kubangan lumpur.

Sepanjang perjalanan menuju Suhaid, ada kebun karet dan sawit. Rumah-rumah panggung suku Dayak juga bisa dilihat. Ada lagi tempat yang sangat menarik dan membuat terkagum-kagum, onggokan batu raksasa yang disebut Bukit Kelam .

Begitu sampai di Suhaid, kamu akan melihat peternakan ikan arwana. Di sini, ratusan induk ikan arwana dipelihara. Ikan ini merupakan salah satu ikan asli Danau Sentarum.

Perjalanan belum selesai, untuk menuju Danau Sentarum, kamu perlu menggunakan kapal cepat (speed boat ) dan lamanya sekitar 6 jam! Sepanjang itu pula, kamu akan melewati hulu Sungai Kapuas dan baru akan tiba di Danau Sentarum.

logo potret negriku

Nah, itu tadi kisah awal perjalanan ke Danau Sentarum, masih ada cerita lainnya, lho. Nantikan bagian berikutnya, yah! (Sigit Wahyu/Potneg/Annisa/Kidnesia)

comments powered by Disqus