Kamis, 30 Juli 2009
Kantong Semar
  • Kantong Semar
    Kantong Semar
Kantong Semar

Kantong Semar

Di Indonesia diperkirakan ada 64 jenis Nephentes atau kantong semar. Di seluruh dunia terdapat 82 jenis. Jadi, 70 persen jumlahnya berada di Indonesia..
Tumbuhan pemangsa serangga atau disebut kantong semar bisa ditemukan di ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Puncak Batu Ayau, kawasan Pegunungan Mulle. Kawasan ini merupakan batas wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.
Kantong semar juga disebut sebagai tumbuhan karnivora yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Jenis-jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Kantong Semar

Kantong Semar Tarakan

Kantong semar yang terdapat di puncak bukit batu kapur atau yang biasa disebut hutan berpasir ini berwarna hijau dan lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya.
Mengapa disebut tumbuhan karnivora? Di dalam kantong semar terdapat nektar yang bisa mengundang serangga untuk hinggap dan serangga tersebut bisa jatuh tergelincir ke dalamnya. Serangga tidak bisa keluar lagi karena di dalam kantong semar terdapat semacam lilin serta nektar yang lengket. Serangga yang masuk kemudian dicerna dengan enzim masam yang dimiliki kantong semar.
Di Kalimantan terdapat tidak kurang dari 28 jenis tumbuhan dari marga Nephentes ini. Dan Kalimantan dikenal sebagai pusat penyebaran marga Nephentes di dunia.

comments powered by Disqus