Senin, 15 Desember 2014
Tarian Tradisional Malulo
  • Tarian Tradisional Malulo

Kidnesia.com - Tari Malulo  atau Lulo adalah tari tradisional  yang berasal dari daerah Tolaki, Sulawesi Tenggara.  Tarian tradisional Malulo disebut juga sebagai tarian persahabatan.

tari Lulo

Pada zaman dulu, tarian ini dilakukan pada upacara-upacara adat, seperti, pernikahan, pesta panen raya, dan upacara pelantikan raja yang diiringi oleh alat musik pukul, yaitu, gong.

 Tarian ini dilakukan oleh pria, wanita, remaja, dan anak-anak yang saling berpegangan tangan, menari mengikuti irama gong sambil membentuk sebuah lingkaran.

Filosofi Tarian malulo ini adalah persahabatan yang biasa ditujukan kepada muda-mudi Suku Tolaki sebagai ajang perkenalan, mencari jodoh, dan mempererat tali persaudaraan.

Tarian Tradisional Malulo  ini dilakukan dengan posisi saling bergandengan tangan dan membentuk sebuah lingkaran. Peserta tarian tidak dibatasi oleh usia maupun golongan, siapa saja boleh ikut serta dalam Tarian Malulo.

Dalam tarian ini yang perlu perlu diperhatikan adalah posisi tangan saat bergandengan, untuk pria posisi telapak tangan di bawah menopang tangan wanita. Posisi tangan ini merupakan simbolisasi dari kedudukan, peran, etika pria dan wanita dalam kehidupan.

Tarian Malulo mencerminkan bahwa masyarakat Tolaki adalah masyarakat yang cinta damai dan mengutamakan persahabatan dan persatuan dalam menjalani kehidupannya.

Teks: Ika, Foto: blogspot.com

_____________________________________________________________________________________________

Baca artikel ini juga, yuk!

- Tari Perang yang Menyatukan

- Tari Kejei Dalam Pesta Adat di Rejang

comments powered by Disqus