Selasa, 18 Agustus 2015
Tari Rodat Cempako
  • Tari Rodat Cempako
Rodat Cempako

Tari Rodat Cempako. Foto: Karims/pribadi

Kidnesia.com - Indonesia kaya akan keberagaman seni budaya. Hal itulah yang patut untuk kita banggakan dan lestarikan. Eitss.. kali ini Nesi ingin membahas salah satu tarian khas Sumatera Selatan nih! Hmm... kira-kira apa ya?

Tari Rodat Cempako merupakan salah satu tarian yang berasal dari Sumatera Selatan. Tari ini merupakan tari rakyat bernafaskan Islam. Tari Rodat Cempako sangat dinamis dan lincah, di mana gerak dasar tari ini diambil dari Timur Tengah. Tarian ini ditarikan dengan “Leyek” (menari sambil duduk), lo!

Keunikan dari tarian ini adalah diiring dengan syair lagu dan alat musik rebana yang dinyanyikan bersama-sama. Oh ya, rupanya Tari Rodat Cempako tergabung dalam Persatuan Syaropal Anam, di mana tarian ini dilakukan juga sebagai arakan pengantin dan kegiatan beragamakan Islam lainnya.

Selain itu, kini tarian ini tidak hanya dimainkan oleh para kaum laki-laki saja, melainkan tak jarang kita melihat banyak kaum perempuan yang melakukan Tari Rodat Cempako. Nah, buat Sahabat Nesi, yuk kita lestarikan terus budaya-budaya di Indonesia, termasuk tarian asal Palembang ini!

Teks: Desy, Sumber: wikipedia, ujiansma.com

comments powered by Disqus