Senin, 10 Mei 2010
Binjai Kota Rambutan
  • Binjai Kota Rambutan
Binjai

Rambutan Binjai yang terkenal enak dan sangat khas.

Binjai sudah lama dijuluki sebagai Kota Rambutan di Indonesia. Sebab kota ini memang benar-benar menghasilkan banyak sekali buah rambutan melebih kota-kota lain yang ada di seluruh Indonesia.

Luas areal perkebunan rambutan yang ada di kota ini mencapai 425 hektare. Dan usaha perkebunan yang umumnya dilakukan oleh penduduk secara tradisional ini mampu menghasilkan sekitar 2.400 ton rambutan per tahun. Ck, ck, ck.. banyak banget, kann??

Binjai

Tugu di kota Binjai, Sumut

Kota Binjai
Kota ini terletak di bagian utara Provinsi Sumatera atau 22 kilometer di sebelah barat Kota Medan. Kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat di sebelah barat dan utara, serta Kabupaten Deli Serdang di sebelah timur dan selatan.

Menurut cerita para leluhur, Kota Binjai berasal dari sebuah kampung kecil yang terletak di pinggir Sungai Bingai. Upacara adat dalam rangka pembukaan Kampung tersebut diadakan di bawah sebatang pohon Binjai yang besar dan rindang serta tumbuh di pinggir Sungai Bingai.

Di sekitar pohon Binjai yang besar itulah kemudian dibangun beberapa rumah yang lama-kelamaan menjadi besar dan luas. Kawasan itu lalu berkembang menjadi bandar atau pelabuhan yang ramai didatangi oleh tongkang-tongkang dari Stabat, Tanjung Pura, dan Selat Malaka. Hingga akhirnya nama pohon Binjai tersebut melekat menjadi nama Kota Binjai.

Binjai

Pohon di perkebunan rambutan Binjai.

Rambutan Binjai
Nah, selain sebagai kota dagang, Binjai dikenal pula sebagai Kota Rambutan. Sebab, rambutan asal Kota Binjai atau sering disebut rambutan Binjai sudah lama terkenal memiliki rasa yang khas. Yakni daging buah yang empuk dan tebal, serta rasanya yang manis dan segar.

Saat ini, rambutan Binjai sudah dinikmati dan diakui sampai ke luar Pulau Sumatera. Saat musim panen tiba, banyak rambutan Binjai yang dikirim ke Pulau Jawa, Kalimantan, serta daerah lain di sekitar Sumut. Bibit rambutan Binjai pun telah tersebar dan dibudidayakan di berbagai tempat di Indonesia serta menjadi komoditas (barang dagangan) unggulan.

Kalau kamu berkunjung ke Kota Binjai, kamu akan melihat pedagang rambutan di sepanjanjang jalan masuk kota. Mereka berjualan di tempat-tempat yang telah dibangun oleh pemerintah setempat. Nah, jajaran pedagang rambutan inilah yang semakin memberi kenyamanan dan nuansa khas di Kota Binjai. (Ervina/Kidnesia/berbagai sumber)

comments powered by Disqus