Bobo Young Journalist

Ternyata, bukan hanya ahli matematika yang punya rumus. Wartawan atau reporter juga punya, lo. Rumusnya 5W+1H. Aku baru tahu rumus ini setelah mengikuti Bobo Young Journalist. Aku mencoba membuat corat-coret liputan Bobo Young Journalist dengan rumus ini. Teman-teman mau membacanya?

Bobo Young Journalist

Bobo Young Journalist. Foto: dok.Ricky Martin/Bobo

W (1) - What?
Bobo Young Journalist! Inilah acara Bobo Berlibur Kreatif tahun 2009. Acara berlibur bertema jurnalistik ini baru pertama kali diadakan Majalah Bobo. Jadi, aku salah satu angkatan pertamanya, lo! Cuit... cuit…

W (2) - Who?
Penyelenggara acara ini, sudah pasti Majalah Bobo, dong! Para pengajar workshopnya pun dari kakak-kakak redaksi Majalah Bobo, yaitu Kak Sigit Wahyu dan Kak Ricky Martin. Kalau yang mengajarkan membuat blog, Kak Antyo Rencoko dan Kak Zamroni. Para pesertanya? Aku dan teman-temanku! Kami ada 41 orang. Kami datang dari Banten, Medan, Jakarta, Bogor, Bandung, Bekasi, Magelang, Depok, dan Tangerang.
W (3) - When?
Acara berlibur ini diselenggarakan selama tiga hari, yaitu tanggal 2, 3, dan 4 Juli 2009. Pagi hari, papa dan mamaku mengantarku ke tempat kegiatan Bobo Young Journalist. Lalu, sore harinya, aku dijemput lagi.

W (4) - Where?
Bobo Young Journalist berlangsung di Gedung Gramedia Majalah di Kebon Jeruk, Jakarta. Lalu, hari kedua di Kidzania dan Snow Bay. Pada hari ketiga diadakan di Bobo Fair.

W (5) - Why?
Kenapa acara ini diadakan? Majalah Bobo ingin mengajak anak-anak berlibur bersama sambil melakukan kegiatan yang bermanfaat dan seru. Wawasan bertambah luas, teman baru juga makin banyak!

Bobo Young Journalist

Bobo Young Journalist. Foto: dok.Ricky Martin/Bobo

1H - How?
Hari pertama, aku dan teman-teman peserta mendapatkan berbagai ilmu. Ada dasar-dasar jurnalistik. Ada pula tentang fotografi, misalnya cara memotret yang lebih baik agar hasilnya lebih oke. Lalu, kami juga belajar membuat blog. Oiya, kami pun mampir ke ruangan redaksi Majalah Bobo. Kami melihat proses pembuatan Majalah Bobo.
Hari kedua, kami jalan-jalan ke Kidzania. Di sana, kami bermain menjadi orang dewasa. Kami bekerja untuk memperoleh gaji. Kegiatan selanjutnya, basah-basahan di Snow Bay!

Hari ketiga, kami menari bersama Bobo, Coreng, Upik, dan Paman Gembul di Bobo Fair. Kemudian, kami nonton Operet Kembalinya Pika Pika Kuro. Setelah itu, kami ke belakang panggung operet. Di sana, kami mewawancarai dan memotret para pemain dan sutradara operet. Waaa… Ini kesempatan langka!

Corat-coretnya sudah selesai. Sekarang, aku akan menyeleksi foto-foto liputannya. Ehm… serasa jadi reporter betulan! Teman-teman ingin punya pengalaman jadi reporter cilik seperti aku? Tunggu saja Bobo Young Journalist tahun depan, yaaa… (Lita/Bobo)

    hihi
    11-04-2011 07:30
  • Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed
    Muhammad Alif Aqsha
    14-06-2010 03:19
  • Nanti, aku akan mengikuti Bobo Young Journalist 2010, lho...!

Comment n Share on your facebook