Guru Bernama Kasur
pak&bu kasur

Pasangan Ibu Kasur & Pak Kasur. Guru asyik yang mengajarkan belajar sambil bermain & bernyanyi Foto: pgtkcerdasbangsa.blogspot

Panggilan Kasur berasal dari kata Kak Sur, sebutan akrab Pak Kasur yang bernama asli Suryono. Isterinya, Sandiah, jadi ikut dikenal dengan nama Bu Kasur.

Jadi memang tidak ada hubungannya dengan kasur yang kita jadikan tempat tidur itu hehehe.

Bapak dan Ibu Kasur adalah tokoh pendidikan anak juga pengarang lagu anak-anak yang legendaris. Pak Kasur sendiri menciptakan hampir 140 lagu.

bu kasur

Alm. Ibu Sandiah yang sampai sekarang kita kenal dengan nama Bu Kasur.

Buat apa sih mereka menciptakan lagu sebanyak itu? Untuk mengajarkan anak-anak banyak hal sambil bernyanyi dan bermain.

Masih ingat lagu ini?

Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong Ibu
Membersihkan tempat tidurku

Ini salah satu lagu karangan Pak Kasur, lho! Gara-gara lagu ini, Nesi jadi terbiasa bangun pagi, merapihkan tempat tidur sendiri, dan membantu orangtua sebelum berangkat sekolah.
Pasangan guru ini mendirikan Taman Putra dan Taman Pemuda di Jakarta. Setelah Pak Kasur meninggal, lembaga pendidikan anak itu berubah menjadi TK Mini Pak Kasur.

tk mini pak kasur

Ini dia teman-teman dari TK Mini Pak Kasur. Mantan Presiden Megawati pernah sekolah di sini juga lho! Foto: pgtkcerdasbangsa.blogspot

Sudah banyak lulusan TK Mini Pak Kasur yang menjadi orang terkenal dan berprestasi. Beberapa lulusannya adalah Presiden Megawati, Guruh Soekarno Putera, Hayono Isman (mantan Menpora), serta almarhum Ateng (pelawak).

Bahkan hampir seluruh cucu bahkan cicit almarhum H.M. Soeharto, presiden kedua RI, juga sekolah di TK Mini Pak Kasur.

Jasa Pak Kasur dan Bu Kasur besar sekali. Mereka contoh guru yang berusaha sekuat mungkin untuk mengajarkan hal-hal yang baik dan berguna untuk anak-anak. Lebih asyik lagi karena mereka mengajar sambil mengajak anak bermain.

Wah! Menurut Nesi, punya guru yang mengajak kita belajar sambil bermain adalah hal yang luar biasa menyenangkan. (Indy/Kidnesia)

Oh iya, guru teman-teman ada yang seperti Pak dan Bu Kasur tidak?

comments powered by Disqus
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.