Pesawat Terbesar?

Nesi, aku mau tanya apasih pesawat terbesar di dunia?

Alfin Fazzada

Pertanyaan kamu bagus juga! Pesawat biasa saja sudah besar bagaimana pesawat yang paling besar, ya? Hihihi

pesawat terbesar

Ilustrasi: Wordpress.com

Nah, udah ada yang pernah denger nama Antonov An-225  belum? Nah, itulah peswat terbesar di dunia pada saat ini.

Antonov An-225 Myria.  Nama belakang pesawat ini Мрія (Myria) yang dalam bahasa Ukraina berarti 'Mimpi' atau 'Inspirasi'. Keren banget, kan!

An-225 bukanlah pesawat militer. Dulu, dulu pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T.

Namun, seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991 pesawat ini terpaksa tidak beroperasi (tidak tampak) selama hampir 8 tahun!

Meski besar, pesawat ini hanya memiliki 6 kru terbang, berlari dan beroperasi, terdiri dari 2 pilot, insinyur penerbangan dua, 1 navigator dan petugas komunikasi.

Muatan maksimum pesawat ini 275 ton. Panjangnya 275 kaki dengan lebar sayap 290 kaki. Pesawat ini dapat mencapai kecepatan maksimum pesawat 460 knot atau 530mph.

An-225 saat ini digolongkan sebagai terbesar dunia dan bahkan pesawat terberat. Yaps! Beratnya sekitar lebih dari 640 ton. Ck.. Ck.. Ck.

Asal kalian tahu, nih, pada bulan September 2001, An-225 membawa kargo rekor dunia 254 ton pada ketinggian 6.500 kaki sementara perjalanan di 474 mph, lho!

Wah, pesawat ini benar-benar raksasa, ya! (Kidnesia.com/Berbagai sumber)

comments powered by Disqus
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.