Siapa Pencipta Lagu Nina Bobok?

Siapa pencipta lagu Nina Bobok?

Jessica Tiffany

Hay, Tiffany! Kamu suka menyanyikan lagu Nina Bobok buat adikmu?

Lagu Nina Bobok memang lagu lama dan sudah mendunia. Lagu dan liriknya sederhana. Nina bobok...ooo Nina bobok, Kalau tidak bobok, digigit nyamuk.  Kata "bobok" artinya tidur.

Meskipun lagu ini cukup dikenal sejaka lama, sejarah lagu ini masih gelap gulita. Nesi sudah berusaha mencari buku dan literatur tentang lagu Nina Bobok, tetapi sayang sekali Nesi belum menemukan siapa penciptanya.

nina bobok

Sumber: mamalisa.com

Seperti kebanyakan lagu anak-anak tempo dulu yang diajarkan oleh guru-guru di sekolah Belanda, Nesi menduga kemungkinan lagu Nina Bobok ini berasal dari Eropa, lalu diadaptasi menjadi lagu Indonesia.

Menurut informasi, lagu Nina Bobok ini, meski syairnya berbahasa Indonesia, konon lagunya atau melodinya sangat mirip dengan lagu gerejani Abide With Me.

Terlepas dari siapa yang menciptakan dan lagu ini asli atau tidak, yang jelas lagu Nina Bobok ini sudah cukup dikenal di dunia. Cobalah kamu cari di Youtube. Salah satunya, kita akan menemukan lagu Nina Bobok yang dinyanyikan oleh kelompok paduan suara dari Belanda, bernama Die Minnesanghers.

Lalu, siapa pencipta lagu Nina Bobok itu?

Salam Nesi

 

comments powered by Disqus
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.