Baju Adat Suku Bugis

Apakah pakaian adat suku bugis?

Andini Fadhilah

bugis

Pakaian adat Bugis dalam adat pernikahan. Foto:aseanchat.com

Halo Andini yang manis. Setiap daerah sudah pasti memiliki suku asli yang berasal dari daerah tersebut. Nah, suku Bugis berasal dari Sulawesi Selatan.

Pakaian adat biasanya identik dengan pakaian pengantin suatu daerah. Pakaian pengantin pria dari Bugis-Makasar berupa baju jas model tertutup yang disebut baju bella dada .

Bawahannya kain sarung songket yang disebut rope . Terdapat juga keris yang disebut tataroppeng  dan hiasan kepala bernama sigara .

Sedangkan pengantin wanita memakai baju bodo  dan rope . Wah, namanya lucu ya? baju bodo,, hmm, mudah untuk diingat.

Kemudian sanggul pengantin wanita berhiaskan kembang goyang dan ada perhiasan lainnya berupa kalung dan gelang panjang bersusun.

bocah

Baju bodo bisa juga dipakai dalam grup menari. Foto: ujungpandangekspres.com

Konon dulunya, ada peraturan tentang pemakaian baju bodo ini. Masing-masing warna menunjukkan tingkat usia perempuan yang mengenakannya.

Misalnya warna jingga dipakai oleh anak perempuan berumur 10 tahun, Merah dipakai oleh perempuan berumur 17-25 tahun. Warna hijau dipakai oleh bangsawan dan Ungu dipakai oleh wanita yang sudah tidak memiliki suami.

Selain dipakai dalam pernikahan, baju bodo juga bisa dipakai saat menari atau memperingati hari kartini, lho. (Kidnesia/berbagaisumber)

comments powered by Disqus
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.