Senin, 09 September 2013
Buah Jeruk yang Berjari
  • Buah Jeruk yang Berjari
    Buah Jeruk yang Berjari

Buah yang satu ini punya banyak nama. Sebagian orang menyebutnya sebagai buah jeruk tangan dewa, ada juga yang menyebutnya buah jeruk jari budha, buah jeruk kuku macan. Lalu, sebenarnya ini buah apa, ya?

Jeruk di Pohon

Buah jeruk “kuku macan” yang masih mentah

Buah Berjari

Kamu pernah melihat bentuk buah jeruk? Bagaimana menurut? Hampir sebagian besar bentuk buah jeruk itu, bulat atau bundar. Tetapi, tidak dengan buah jeruk yang punya banyak nama ini. Bentuknya tidak bulat ataupun bundar. Melainkan berjari, seperti tangan manusia. Bentuk permukaan buah ini berbenjol-benjol dan struktur jari-jarinya  tersusun rapi. Hi..hi..hi..tedengar lucu, ya!

Asal Buah Berjari

Buah ini berasal dari China dan sekitar Myanmar. Nama latin buah ini adalah citrus medica var. Sarcodactylis . Buah ini memiliki kulit yang tebal, dan rasanya pahit. Karena mengandung minyak atsiri yang banyak pada kulitnya. Minyak atsiri adalah minyak dari tanaman yang berfungsi untuk melindungi diri dari hama. Pantas, rasa buah ini menjadi pahit. Zaman dahulu, jeruk unik ini juga disebut sebagai jeruk sukade, karena kulit buahnya yang tebal dapat dimanfaatkan sebagai manisan atau sukade.

Buah jeruk dijual

Buah jeruk, dijual dengan nama “Buddha Hand”

Indah dan Bermanfaat

Banyak orang tertarik untuk menanam buah ini di rumah. Selain bermanfaat, tanaman ini bisa sebagai tanaman hias. Karena bentuk buah dan warnanya yang cantik. Perawatan tanaman ini, tidaklah sulit, karena tidak banyak hama penggangunya. Tanaman jeruk ini bisa tumbuh di dalam pot. Jika umurnya sudah setahun, tanaman ini akan berbuah. Biasanya dalam waktu 3 bulan, buah itu sudah matang dan bisa dinikmati.

Jeruk di tanam di pot

Tanaman ini dapat tumbuh di dalam pot

Nah, selain buah ini bisa ditanam di pekarangan rumah, buah ini juga punya banyak manfaat, lo. Tanaman ini bisa menjadi obat maag dan cacingan. Tidak hanya itu, buah ini juga dimanfaatkan para koki untuk campuran bahan masakan. Seperti campuran salad, pembuatan permen, es krim, yoghurt, dan sebagainya.

Kalau kamu melihat buah lucu ini, ingin dibuat apa nih teman-teman?

Teks : Marisa,  Foto : blogspot.com

Comment n Share on your facebook

Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.