Ayo, Kita Jujur!

Saat ibu menyuruh kamu membelikan sesuatu dan kamu menerima uang kembalian apa yang akan kamu lakukan? Segera menggunakan uang itu untuk jajan tanpa sepengetahuan ibu atau kamu kembalikan lagi ke ibu?

Konfa 2011

Wah, inilah delegasi putra Konfa 2011. Penuh semangat mereka meneriakkan yel-yel!

Hayoo, apakah kamu siap berkata jujur?

Coba kamu tanyakan pada diri sendiri. Terkadang, godaan untuk menggunakan uang kembalian itu selalu ada.

Ditambah lagi rayuan dari orang-orang di sekitar tapi, bukan berarti kita juga tak bisa bersikap jujur.

Setiap kali mencoba bersikap tidak jujur akan membuat kesempatan bagi kita untuk tidak jujur lagi.

Apalagi jika perbuatan tidak jujur itu tidak diketahui siapa-siapa, lama-lama bisa membuat ketagihan dan jadi terbiasa. Bahkan, tanpa ada rasa penyesalan.

Pentingnya bersikap jujur inilah yang akhirnya diangkat menjadi sebuah tema dalam Konferensi Anak Indonesia 2011 (konfa) yang berlangsung dari 13-18 November 2011 di Jakarta. "Ayo, kita jujur" begitulah slogan konfa di tahun ini.

Kejujuran inilah yang akan diterapkan oleh teman-teman kamu yang terpilih mengikuti Konfa 2011. Yup, mereka adalah anak-anak yang telah mengirimkan tulisan (yang bertema kejujuran) ke Redaksi Majalah Bobo.

Sebanyak 30 delegasi Konfa dipilih berdasarkan kualitas tulisan yang menarik dan yang terpenting tulisan itu benar-benar mengisahkan kejujuran yang pernah mereka alami.

Kegiatan Konfa 2011 dimulai

Tepatnya, Senin (14/11), Konfa resmi dibuka di Lantai 8, Ballroom Kompas Gramedia Majalah, Jakarta Barat. Para delegasi tampak bersemangat. Hmm, ada yang berbeda dengan delegasi kali ini.

Para delegasi Konfa 2011 mengenakan pakaian daerah sesuai dengan asalnya! Wow, mereka tampil begitu menarik perhatian.

Konfa 2011

Dengan dibunyikannya angklung, Konfa 2011 pun resmi dibuka.

Saat perkenalan masing-masing delegasi, mereka membawakan sebuah lagu daerah. Tak lupa mengucapkan salam dengan bahasa daerah. Wah, seru sekali!

Selama lima hari, delegasi Konfa ini akan berdiskusi dan mendapat banyak pengarahan dari tokoh-tokoh yang dianggap mencerminkan sikap kejujuran.

Lalu, mereka juga akan diuji kejujurannya melalui sebuah game . Para delegasi akan diberi uang dengan jumlah tertentu dan berbelanja di pasar.

Siapa yang bisa mendapatkan belanjaan terbanyak, dia akan jadi pemenang.

Ups, tentunya mereka hanya boleh menggunakan uang yang diberi oleh panitia. Enggak boleh menggunakan uang pribadi.

Di akhir acara atau acara penutupan nantinya, mereka akan diminta untuk membuat sebuah kesepakatan yang akan mereka terapkan setelah Konfa berakhir. Wow, hebat!

Ingin tahu cerita dan kegiatan Konfa 2011? Nah, kamu bisa mengikuti perjalanan Konfa 2011 di Kidnesia. (Annisa/Kidnesia)

comments powered by Disqus
Powered by eZ Publish™ CMS Open Source Web Content Management. Copyright © 1999-2010 eZ Systems AS (except where otherwise noted). All rights reserved.